Minggu, 26 November 2017

Konsep, Pengertian dan Fungsi Manajemen Humas

Related image

tugas biro konsultasi pr - Manajemen Humas (Public Relation) adalah salah satu unit penting dalam meniti, meningkatkan dan tingkatkan kualitas pada eksistensi Instansi Pendidikan Islam. Dalam Artikel ini, penulis juga akan menerangkan dengan komprehensif tentang rencana/teori, pengertian, dan peranan manajemen Humas (public relation) menurut beberapa pakarnya dan bagaimana implementasinya dalam Instansi Pendidikan Islam.

Rencana Manajemen Humas 
Di bagian pertama ini, kita juga akan mengulas mengenai rencana manajemen humas. Humas (hubungan orang-orang) yaitu suatu seni sekaligus disiplin pengetahuan sosial yang menganalisis beragam kecenderungan, memperkirakan setiap peluang konskuensi dari setiap aktivitas institusi, berikan input dan beberapa anjuran pada beberapa pemimpin organisasi, dan mengimplementasikan program-program aksi yang terencana untuk melayani keperluan organisasi dan kebutuhan umum. 1 Makna humas dalam hal semacam ini lebih mengutamakan pada segi disiplin pengetahuan dan seni dalam membina hubungan pada organisasi dan lingkungan sekelilingnya atau orang-orang.

Sedang menurut Hadari Nawawi, humas dapat disimpulkan jadi rangkaian aktivitas organisasi/lembaga untuk membuat hubungan yang serasi dengan orang-orang atau pihak-pihak tertentu diluar organisasi itu, agar memperoleh support pada efisiensi dan efektivitas proses kerja dengan sadar dan suka-rela. 2 Membina hubungan baik adalah kewajiban, hingga organisasi semakin lebih mudah menjangkau maksud.

Pengertian Manajemnen Humas Menurut Beberapa Pakar

Tersebut disini beberapa pengertian mengenai Public Relations (Hubungan Orang-orang) menurut beberapa pakar untuk mengantarkan kita mengerti peranan dan perannya dalam instansi pendidikan Islam, salah satunya :

a. John E. Marston 
“Public relations is planned, persuasive communications designed to influence significant public”. Hubungan orang-orang yaitu aktivitas komunikasi persuasive dan terencana yang di desain untuk memengaruhi public dengan penting.

b. Frang Jefkins 
Public Relations consint of all forms of planned communications, outwards and inward, between an organizations and its publics for the purposes of achieving specifict objective concerning mutual understanding. Suatu bentuk komunikasi yang berlaku pada semua type organisasi, baik yang berbentuk komersial ataupun yang berbentuk non komersial di bidang umum (pemerintah) ataupun privat (swasta).

c. Cultip M. Scott 
Hubungan orang-orang yaitu keseluruhnya usaha yang dilangsungkan dengan terencana dan berkaitan dalam rencana membuat dan pelihara kemauan baik dan sama-sama pengertian pada suatu organisasi dengan seluruh khalayaknya.

d. Glen M. Broom 
Mengartikan public relations yaitu peranan manajemen yang membuat dan menjaga hubungan yang baik dan berguna pada organisasi dengan public yang memengaruhi keberhasilan atau kegagalan organisasi itu.

e. Mc. Elraath 
Public relation yaitu melakukan rencana, proses, penilaian dan pelajari pada beragam aktivitas komunikasi yang diseponsori oleh organisasi atau instansi.

f. Wahjosumidjo 
Hubungan orang-orang yaitu suatu sistem pengembangan hubungan instansi pendidikan dengan orang-orang yang mempunyai tujuan sangat mungkin orangtua dan warga lokasi perpartipasi aktif dan penuh makna di dalam aktivitas pendidikan di sekolah.

g. Onong Uchjana Efendi 
Hubungan orang-orang yaitu aktivitas merencanakan untuk membuat membina dan pelihara sikap budi yang mengasyikkan untuk organisasi di satu pihak dan umum di pihak beda, untuk meraihnya yakni dengan jalan komunikasi yang baik dan luas dengan timbal balik.

Peranan Manajemen Humas 
Peranan manajemen humas, tidak jauh berlainan dengan peranan manajemen dengan umum. Beberapa fungsi ini sangat berkaitan dengan maksud manajemen humas. Seperti diterangkan sebelumnya, maksud manajemen humas yaitu membuat sebuah hubungan yang serasi dengan orang-orang hingga memperoleh support mereka. Oleh karenanya, memerlukan beberapa langkah yang perlu ditempuh melalui manajemen humas, yakni melalui peranan manajemen humas yang pada dasarnya mencakup : rencana (Rencana), pengorganisasian (Organizing), penggerakan (Actuating) dan control (Controlling).

Peranan petugas PR (Public Relation) atau PR Officer (PRO) minimum ada empat, yakni jadi :

Communicator 
Jadi juru bicara organisasi, PR berkomunikasi dengan intensif melalui media dan grup orang-orang. Nyaris semua tehnik komunikasi antar pesona (interpersonal communication) dipakai, komunikasi lisan, komunikasi tatap muka jadi mediator ataupun persuader.

Lihat juga : kelebihan dan kekurangan corporate pr

Relationship 
Relationship yg tidak serasi memiliki resiko menyebabkan ketidakpuasan umum yang selanjutnya meneror keberlangsungan organisasi. Sebaliknya, dengan hubungan yang baik pada organisasi dan orang-orang, juga akan terwujud support dalam menjangkau maksud.

Management backup 
Mendukung aktivitas departemen beda dalam organisasi seperti bagian rencana, keuangan, personalia, untuk terwujudnya maksud dengan. Ada bagian humas juga akan jadi referensi dalam berencana program, pengembangan sampai pelajari sebuah organisasi.

Good image maker 
Membuat citra organisasi dan publisitas positif. Dalam dua dekade paling akhir, umum menyimak nama – nama petinggi PR yang sering keluar jadi nara sumber organisasi yang diwakilinya. Dalam dunia pendidikan, image maker masih tetap menitik beratkan pada puncak pimpinan utama yakni kepala sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *