Kamis, 24 Mei 2018

4 Cara Budidaya Nanas Madu di Halaman Rumah Anda

Image result for Perbedaan Buah Nanas Madu dengan Nanas Biasa

nanas madu pemalang - Untuk kamu yang sangat sukai konsumsi buah, tentunya tidak asing dengan type buah yang satu ini. Di manapun kamu juga akan sangat mudah menjumpai buah ini karena saat ini buah yang satu ini sudah jadi salah satu buah yang paling banyak disukai orang. Yakni buah nanas berlainan bila kamu lihat Cara Budidaya Daun Stevia, seperti yang kamu tahu ini adalah salah satu type buah bersisik.

Rasa-rasanya yang lezat dan harga nya yang ekonomis buat buah ini senantiasa jadi pilihan alternatif orang untuk penuhi keperluan nutrisinya. Di Indonesia sendi buah ini sudah banyak di jual di beberapa toko dan pasar, dari mulai buah yang utuh sampai berupa bahan pangan olahan.

Dan karena buah nanas memiliki kombinasi rasa pada asam dan manis juga buah nanas juga memiliki kandungan air yang banyak hingga berlainan dengan buah yang lain begitu juga bila kamu lihat Cara Budidaya Pepaya California, buah nanas memiliki struktur yang renyah dan fresh. Dengan rasa-rasanya yang ciri khas beberapa orang mulai buat inovasi- inovasi menarik seperti selai, asinan, manisan, keripik, sampai es dan banyak sekali lagi.

Di Indonesia sendiri saat ini ada beberapa type buah nanas, dan salah satu type buah nanas yang sangat disukai saat ini yakni nanas madu. Berlainan dengan type nanas yang lain, nanas madu memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak.

Kandungan Nutrisi Nanas Madu

  • Vitamin A, B1, B6, C, 
  • Mangan 
  • Enzim proteolitik bromelain 
  • Serat 
  • Folat 
  • Asam pantotenik 
  • Glukosa 
  • Antioksidan 

Bukan sekedar diliat dari bagian kandungannya saja yang baik untuk kesehatan kamu berlainan bila kamu lihat Cara Menanam Daun Bawang, namun juga dari rasa-rasanya yang lebih lezat dan fresh disbanding dengan nanas biasanya. Rasa-rasanya yang lebih manis dan tidak asam buat nanas madu jadi laku di market. Meskipun dari sisi ukuran memang nanas madu lebih kecil dari pada nanas biasanya. Dengan adanya banyak pencinta nanas madu saat ini kamu dapat memakainya jadi kesempatan bisnis.

Cara Budidaya Nanas Madu

Langkahnya yakni dengan melakukan cara budidaya nanas madu, juga akan banyak keuntungan yang dapat kamu peroleh nanti. Dan berikut adalah cara budidaya nanas madu yang praktis dan simpel.

Lahan Budidaya Nanas Madu
Langkah awal dalam cara budidaya nanas madu yang perlu kamu perhatikan yakni media budidayanya. Untuk media budidaya berlainan bila kamu melakukan Cara Budidaya Jamur Kuping, mengenai penentuan lokasi yang baik agar nanas madu kamu dapat tumbuh dengan subur. Pastikan kalau kamu memilih lokasi yang bersih dari limbah dan memiliki pencahayaan penuh. Mengenai hal- hal yang perlu kamu kerjakan dalam menyiapkan lahan tanam :

  1. Perhatikan lokasi yang kamu pilih, pastikan lokasi memiliki tanah yang cukup luas dengan type tanah humus dan tidaklah terlalu kering. 
  2. Bersihkan ruang sekitar lahan dari rumput liar dan batuan kerikil yang bisa mengganggu sistem budidaya. 
  3. Gemburkan tanah dan bajaklah memakai cangkul dan ukur kandungan keasaman tanah. Tanah yang baik adalah tanah yang memiliki pH diatas 6, kamu dapat melakukan sistem pengapuran terlebih dulu. 

Sebelumnya melakukan sistem penanaman, kamu harus memberikan nutrisi tanah dengan mencampurkan pupuk kandang dan sedikit sekam di lahan tanam dengan perbandingan 3 : 2 : 1.
Setelah kamu melakukan sistem penggemburan, pemupukan, dan pengapuran, maka kamu dapat buat gundukan memanjang pada lahan agar tanah tidak mudah terkikis.

Bibit Nanas Madu
Langkah selanjutnya yakni mempersiapkan bibit buah nanas, ada dua cara untuk memperoleh bibit nanas. Cara pertama yakni dengan memperolehnya dengan segera dari menanam benih buah nanas, langkah tersebut mungkin kurang praktis dan memerlukan cukup banyaknya waktu.

Karenanya kamu dapat mengawalinya lewat cara ke dua, kamu dapat memperoleh bibit nanas yang siap tanam di toko pertanian. Dan berikut adalah langkah penentuan sampai penanaman bibit nanas :

  1. Pastikan kalau bibit nanas yang kamu pilih tidak cacat atupun terserang virus dan hama penyakit. 
  2. Pastikan kalau indukan dari bibit yang kamu pilih memiliki catatan hasil panen yang baik. 
  3. Pastikan kalau bibit adalah bibit yang layak tanam dan berkwalitas. 
  4. Setelah kamu memperoleh bibit yang baik, kamu dapat mulai buat lubang tanam pada gundukan tanah yang kamu sediakan. Sebelumnya kamu dapat menaburkan sekali lagi pupuk kandang agar tanah makin subur. 
  5. Untuk lubang tanam berilah jarak sekitar 1m sampai 1, 5m, dan masukan bibit nanas pada lubang tanam. Tutup lubang tanam dengan tanah yang sudah digabung pupuk. 
  6. Lalu sedikit padatkan tanah agar bibit nanas madu yang kamu tanam dapat berdiri kuat, hingga tumbuh dengan baik. 

Perawatan Dan Nanas Madu
Mengenai langkah yg tidak dapat kamu terlewat dalam melakukan cara budidaya nanas madu yakni melakukan sistem perawatan dengan baik dan benar. Pastinya ini mempunyai tujuan agar kamu memperoleh hasil panen yang baik dan berkwalitas dan kamu tidak alami kerugian apa pun.

Berikut adalah perincian dalam sistem perawatan tanaman nanas madu yang perlu kamu perhatikan :

  1. Nyaris sama bila kamu menanam tanaman type tanaman kebun, maka kamu harus melakukan sistem penyulaman. Cermatilah apabila ada bibit yang terserang penyakit seperti hama maupun virus, juga bila bibit alami mati karena layu maka kamu harus selekasnya menggantinya dengan bibit yang baru dan bagus. Buanglah bibit yang digantikan ditempat yang jauh dari lahan agar tidak menyebar pada bibit yang lain. 
  2. Mengenai sistem penyiraman yang sangat penting, kamu dapat melakukan sistem penyiraman sehari-harinya maksimum 2 kali dalam satu hari. 
  3. Dan kamu harus juga melakukan sistem penyiangan, ini mempunyai tujuan untuk melindungi kebersihan tanaman dan lahan sekitar. Dengan terjaganya kebersihan lahan dan tanaman maka nanas madu kamu juga akan senantiasa sehat dan dapat tumbuh subur. 
  4. Janganlah lupa juga untuk melakukan pemupukan kelanjutan, ini sangat penting agar nanas madu kamu senantiasa memperoleh nutrisi yang cukup. Kamu dapat mengerjakannya setelah bibit berumur 2 sampai 3 bln. setelah masa tanam. 
  5. Pemupukan dapat kamu kerjakan setiap 1 sampai 3 bln. sekali memakai pupuk kandang maupun pupuk kompos.

Panen Nanas Madu
Setelah semua sistem kamu kerjakan dengan baik, maka kamu telah dapat mulai untuk memanen nanas madu kamu saat umur tanaman berusia 12 sampai 24 bln. setelah masa tanam. Mengenai banyak hal yang perlu kamu perhatikan bila kamu melakukan panen dalam cara budidaya nanas madu yakni :

  1. Perlu kamu kenali setiap tanaman nannas memiliki umur panen yang berlainan bergantung dari cara kamu memperoleh bibitnya. Bila kamu memperoleh bibit nanas madu segera dari mahkotanya maka memerlukan waktu sekitar 24 bln. untuk panen. 
  2. Bila kamu peroleh bibit nanas madu dari tunas batangnya, maka kamu dapat mulai memanen buahnya ketika tanaman berumur 18 bln.. Mengenai bila kamu memperoleh bibit dari tunas akarnya, kamu dapat mulai memanen setelah tanaman berumur 12 bln.. 
  3. Mengenai ciri buah nanas yang dapat dipanen yakni mahkota buah yang telah terbuka dengan tangkai buah yang mengkerut dan mata buah lebih bulat dan besar. 
  4. Untuk lebih mudahnya, kamu dapat lihat basic buah nanas dan mencium aromanya, buah nanas yang masak memiliki basic buah berwarna kuning dengan baunya yang ciri khas. 
  5. Kamu dapat memanen buah nanas madu lewat cara memotong bagian pangkal dari buah nanas madu dan janganlah terlalu lama untuk memanennya, ini dapat mengakibatkan kerusakan kandungan nutrisi pada nanas. 

Tersebut cara budidaya nanas madu yang praktis dan simpel untuk memudahkan kamu agar memperoleh hasil panen yang berkwalitas. Janganlah lupa selalu untuk memerhatikan tanaman nanas madu yang kamu tanam untuk melindungi kesuburannya. Mudah-mudahan info diatas berguna untuk kamu. Selamat coba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *